Jawabanmu

2014-07-04T10:33:47+07:00
1. Golongan muda : syahir, chaerul saleh, dkk. Berpedoman bahwa tanggal 16 agustus 1945, di Indonesia telah terjadi vacuum of power atau kekosogan kekuasaan, maka kesempatan  itulah yang paling tepat  untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia.
2. Golongan tua : pihak golongan tua tetap menghendaki kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 18 agustus 1945 setelah melalui sidang PPKI.
Faktor-faktor perbedaan pendapat antara golongan tua & muda, antara lain :
1.     Perbedaan psikologis :Golongan muda bersikap cepat bertindak tapi ceroboh sedangkan golongan tua bersikap hati-hati, waspada & penuh perhitungan dalam bertindak sehingga dipandang agak lamban.
2.     Perbedaan sosiologis :Golongan muda umumnya belum berkeluarga, tidak terikat dengan pekerjaan sehingga lebih bebas bertindak & tidak terpengaruh dengan jabatan (birokrasi). Golongan tua umumnya telah berkeluarga & bekerja dengan kedudukan sehingga sangat terpengaruh struktur birokrasi.
3.     Perbedaan politis :Golongan muda secara politis telah berani bertindak dan berbuat revolusione serta berani beresiko tinggi, golingan tua lebih moderat, lunak dan sesuai dengan kebijaksanaan dalam memegang kekuasaan.
1 1 1