Jawabanmu

2014-06-09T20:22:28+07:00
Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi yang diperkecil pada bidang datar.
- Atlas adalah kumpulan peta yang dibukukan.
- Globe adalah gambaran permukaan bumi pada sebuah bola bumi tiruan.
Simbol garis merupakan simbol yang digunakan untuk mewakili kenampakan muka bumi yang berupa garis, perhubungan, pemisahan, serta gerakan atau arus. Simbol dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:Simbol garis deskriptif yaitu simbol garis yang digunakan untuk menyatakan unsur yang sesungguhnya ada, bentuknyapun biasanya mirip dengan sesungguhnyaSimbol garis abstrak yaitu simbol garis yang digunakan untuk menyatakan unsur yang tak tampak, bentuknya menyesuaikan. Contoh:- – - – - – - – - - : batas kecamatan++++++++++ : batas propinsi—————— : jalan setapakBegitu pula dengan simbol luas, dibagi menjadi 2, antara lain:Simbol luas yang deskriptifSimbol luas yang abstrakSimbol peta adalah tanda atau gambar yang mewakili kenampakan yang ada permukaan bumi yang terdapat pada peta kenampakannya. Dalam penggambarannya simbol ditempatkan sesuai pada lokasi kenampakan pada peta utama dan penjelasan/keterangannya ditempatkan pada legenda.
1. Peta Umum yaitu peta yang menggambarkan penampakan muka bumi secara umum. Contoh : peta jawa. 
2. Peta Khusus (tematik) yaitu peta yang menggambarkan satu atau beberapa aspek dari gejala di permukaan bumi. Contoh : peta persebaran tumbuhan.

- Berdasarkan Objeknya dibagi atas :
1. Peta Stasioner yaitu peta yang menggambarkan objek yang tidak berubah. Contoh : peta bumi.
2. Peta Dinamik yaitu peta yang menggambarkan objek yang berubah-ubah. Contoh : peta jalur transportasi darat..

Bentuk Peta
Bentuk peta dibagi atas 3 yaitu :
1. Peta Planimetri yaitu peta dasar atau peta dua dimensi.
2. Peta Stereometri yaitu peta peta timbul atau peta tiga dimensi, dibuat berdasarkan bentuk bumi yang sesungguhnya.
3. Peta Digital yaitu peta yang merupakan hasil pengolahan data digital. Contohnya citra satelit dan foto udara.

Interpretasi Peta
Membaca peta berarti mempelajari penampakan geografis yang ditunjukkan oleh berbagai simbol dalam peta. Oleh karena itu jika seseorang ingin memahami dan membaca sebuah peta, terlebih dahulu ia harus mengenal berbagai unsur dalam peta terutama simbol-simbo l.

Fungsi interpretasi peta :
- Mengetahui berbagi objek geografi seperti gunung, pegunungan, sungai, danau, dataran rendah, dataran tinggi, laut, jalan, jalan kereta api dll.- Mengetahui daerah yang jarang dan yang padat penduduknya.- Mengetahui persebaran barang tambang.
- Mengetahui obyek-obyek wisata.
- Mengetahui potensi suatu daerah.
- Mengetahui jarak lurus antarkota.
- Mengetahui keadaan suatu wilayah, misalnya untuk kepentingan perhubungan. 

- Mengetahui keadaan sosial budaya penduduk, misalnya mata pencaharian, persebaran sarana kota dan persebaran pemukiman .
Jawaban paling cerdas!
2014-06-09T20:22:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Judul atlas
2. Daftar isi
3. Kelengkapan spt skala, legenda, arah mata angin, insert, dll.
4. Indeks
1 5 1