Jawabanmu

2014-06-20T17:01:45+07:00
JENIS STRUKTUR TEKS : EKSPOSISI
JUDUL WACANA/TEMA   : BANJIR
STRUKTUR                     : - TESIS (PEMBUKAAN)
                                        - ARGUMENTASI (ISI)
                                        - PENEGASAN ULANG (PENUTUP)

TESIS :
Banjir merupakan salah satu peristiwa sekaligus bencana menggenangnya air dan mengalirnya air di lahan penduduk yang tidak seharusnya mengalir di tempat tersebut.Banjir dapat merusak apa saja yang dilewatinya. Misalnya,
rumah,pohon,tanah,dan lain-lain.Pada umumnya,air banjir berwarna keruh dan kotor karena berasal dari saluran air yang telah bercampur aduk dengan sisa pembuangan manusia.Airnya pun terkadang mengeluarkan bau tak sedap.

ARGUMENTASI :
Banjir terjadi karena ulah manusia yang lalai dalam menjaga lingkungan di sekitarnya.Biasanya banjir disebabkan karena faktor air yang meluap dari saluran air,sungai,bendungan,ataupun tanggul.Air juga meluap karena ulah manusia yang biasanya membuang sampah ke saluran air sehingga saluran pun tersumbat alirannya dan menimbulkan peluapan air ke daerah tempat tinggal penduduk.Maka dari itu,seluruh orang yang tinggal di daerah rawan banjir harus dapat mengatasi bencana itu dan menyadari bahwa menjaga lingkungan itu sangatlah penting yang nantinya dapat menguntungkan kita juga,karena dengan menjaga lingkungan kita terjamin hidup tidak diiringi dengan bencana lagi.

PENEGASAN ULANG :
Dengan cara menjaga lingkunganlah kita dapat menanggulangi bencana ini.Tetapi,kita juga memerlukan sikap saling gotong royong untuk mengatasi bencana ini.Karena apabila kita mengatasinya secara individu memungkinkan cara kerjanya cukup berat dan sulit.Maka dengan kerja sama dan gotong royong hal ini dapat teratasi dengan mudah.Setelah itu,hasilnya pun dapat membuat hidup kita menjadi lebih nyaman karena tidak akan ada lagi bencana datang.Dan walaupun jika hal ini telah teratasi kita jangan melupakan untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap terlihat nyaman dan asri.

#MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN KATA ATAUPUN KURANG MENARIK .. DIMOHON PEMAKLUMANNYA .. SAYA TELAH BERUSAHA SEBAGUS MUNGKIN .. UNTUK MEMBANTU ANDA ..
26 3 26