Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-09T18:52:52+07:00
Faktor pendorong munculnya nasionalisme Indonesia :Interen :
1. Penderitaan akibat penjajahan
2. Persatuan Indonesia dibawah Pax Neerlandica memberi jalan ke arah kesatuan bangsa.
3. Pembangunan sarana komunikasi yang memudahkan pertemuan rakyat dari berbagai pulau.
Pembatasan penggunaan bahasa Belanda dan makin populernya penggunaan bahasa Melayu memunculkan bahasa pengikat, bahasa Indonesia.
5. Adanya UU desentralisasi memungkinkan rakyat mengenal tata cara demokrasi modern.
6. Adanya reaksi terhadap pergerakan kedaerahan yang tidak menguntungkan (pengalaman masa lampau)
7. Inspirasi dari kejayaan jaman Sriwijaya dan Majapahit.
Eksteren :
1. Masuknya ide-ide barat lewat pendidikan Barat modernĀ 
2. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 yang mengembalikan kepercayaan bangsa akan kemampuan sendiri.
3. Munculnya pergerakan kebangsaan di wilayah lain : India, Turki, Philipina, Cina dll
4. Penyebarluasan pernyataan presiden AS Wodroow Wilson, tentang penentuan nasib sendiri bagai bangsa-bangsa di dunia. (Wilson Fourteen Points).
trmksi
ya. kalau bisa jadikan yang terbaik,. (y)
2014-06-09T20:26:24+07:00
-penderitaan pada masyarakat akibat penjajahan
-adanya uu desentralisasi
-adanya reaksi terhadap pergerakan daerah