Sebutkan tugas dan fungsi Tentara Nasional Indonesia dan Polisi

Republik Indonesia.

Jelaskan bagaimana bentuk hubungan Tentara Nasional Indonesia

dengan Polisi Republik Indonesia dalam membela dan mempertahankan NKRI.

2
tni ; mengatasi aksi terorisme,,membantu tugas pemerintahan di daerah,mengatasi pemberontakan bersenjata,mengamankan wilayah perbatasan.mengatasi gerakan separatis bersenjata.
fungsi tni : penindak terhadap setiap bentuk ancaman ,penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan,keutuhn wilayah dan keselamatan bangsa
tugas polisi : alat negara penegak hukum,koordinator polsus,ikut serta dlm pertahanan,pembinaan kamtibmas,kekaryaan,sbg alat revolusi
makasih....
iya. sama-sama.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-01T20:42:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tugas dan fungdi TNI =
 1.      Mengatasi gerakan separatis bersenjata. 
 2.      Mengatasi pemberontakan bersenjata.
 3.      Mengatasi aksi terorisme.
 4.      Mengamankan wilayah perbatasan. 
 5.      Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis. 
 6.      Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri. 
 7.      Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. 
 8.      Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem
          pertahanan semesta.
 9.      Membantu tugas pemerintahan di daerah. 
10.     Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban
          masyarakat yang diatur dalam undang-undang. 
11.     Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang


          sedang berada di Indonesia.
12.     Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.
13.     Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).
14.     Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan,perompakan, dan penyelundup
Tugas Polri =
Tugas Polri 
Polri mengembangkan tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia. 

Kalo menurut undang - undang : 
- penyidikan 
- pemberantasan penyakit masyarakat 
- memelihara keamanan dalam negeri 
Hubungan TNI dengan Polri sudah tercermin dalam Tap MPR RI No.VI dan No.VII tahun 2000 adalah sebagai berikut : 

a) TNI sebagai alat negara yang berperan sebagai alat Pertahanan NKRI dan Polri sebagai alat negara yang berperan memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, dan sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat. 

b) TNI yang membantu peran Polri dalam tugas Keamanan berdasarkan permintaan yang diatur oleh Undang-Undang dan Polri yang dalam keadaan darurat memberikan bantuan kepada TNI sesuai dengan ketentuan Undang-Undang. 

c) Kedudukan TNI yang tunduk pada Peradilan Militer dan kedudukan Polri yang tunduk pada Peradilan Umum. 

d) Peran TNI dan Polri yang tidak memiliki hak memilih dan dipilih. 
28 4 28
2014-02-01T22:19:44+07:00
TNI
Tugas :di luar daerah atau kota
Fungsi : Mempertahankan kedaulatan wilayah negara indonesia

Polisi
Tugas :di dalam daerah atau kota
Fungsi :menjaga ketertiban dalam masyarakat

Hubungan TNI dan Polisi
Mereka sama-sama menjaga keutuhan wilayah indonesiadengan membagi tugas antara TNI dan Polisi,kalau TNI di luar daerah atau kota sedangkan Polisi menjaga di dalam daerah atau kota
9 2 9