Apa fungsi dari saluran pencernaan berikut :
1. rongga mulut
2. esofagus ( kerongkongan )
3. lambung (ventrikulus)
4. usus halus
5. usus besar
6. rektum
7. anus
please, bantuin gw sob. " yg mw jawab ngasal tulis di komentar aja "

2
rongga mulut: proses pencernaan makanan secara mekanik (yang dibantu oleh lidah dan gigi)
Kerongkongan: tabung berotot vertebrata untuk menyalurkan makanan dari mulut ke lambung dengan menggunakan proses peristaltik.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-01T18:55:33+07:00
1. Rongga Mulut = Pencernaan secara mekanik dan kimiawi (menggunakan enzym ptialin).
2. Esofagus = Adanya gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas makanan agar dapat masuk ke lambung.
3. Lambung = Pencernaan kimiawi, terdapat 2 enzym dan 1 asam, yaitu enzym pepsin yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton, enzym renin berfungsi untuk mengendapkan susu menjadi kasein, asam HCl berfungsi untuk membunuh kuman.
4. Usus halus = Berfungsi sebagai tempat penyerapan makanan oleh pembuluh darah.
5. Usus besar = Terjadi penyerapan air dan pembusukan sisa-sisa makanan oleh bakteri E.coli
6. Rektum = Tempat penyimpanan sisa-sisa hasil makanan (feces) sebelum dikeluarkan oleh anus
7. Anus = Tempat keluarnya feces

1 5 1
2014-02-01T19:30:06+07:00
rongga mulut : tempat proses pencernaan makanan secara mekanik
sofagus ( kerongkongan ) : tabung berotot vertebrata untuk menyalurkan makanan dari mulut ke lambung dengan menggunakan proses peristaltik.
lambung (ventrikulus) : proses pencernaan makanan secara kimiawi yang dibantu oleh enzim-enzim
usus halus : saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekita 6-8 meter

usus besar : terdiri atas a. kolon ascendens, kolon transversum, kolon descendens
rektum : terdiri dari otot rangka yang dapat diperintah oleh otak
anus : tempat pembuangan zat-zat sisa makanan