Jawabanmu

2014-02-01T17:46:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Sebuah balok bermassa 300 kg dengan ukuran panjang 1,5 m, lebar 1 m, dan tinggi 0,5 m. 



Tentukan tekanan pada dasar balok jika balok diletakkan diatas meja pada posisi seperti terlihat pada gambar di atas!

Pembahasan

Luas alas balok adalah:
A = p x l
A = 1,5 x 1 = 1,5 m2

Gaya yang bekerja pada meja adalah gaya berat balok,
F = W = m x g = 300 x 10 = 3000 Newton

Tekanan
P = F/A = 3000/1,5 = 2000 Pascal


2. Gambar berikut sebuah teko berisi sirup sedalam 15 cm. Tentukan tekanan hidrostatis di dasar teko, anggap massa jenis sirup sama dengan massa jenis air yaitu 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2




Pembahasan
Tekanan hidrostatis:
P = ρ x g x h
P = 1000 x 10 x 0,15 = 1500 Pascal
Jawaban paling cerdas!
2014-02-01T19:29:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. sebuah benda berukuran 5m × 10m × 2m diletakkan diatas lantai. jika gaya yang diberikan adalah 200 N. maka tentukan tekanan maksimum dan minimum nya !
a. tekanan maksimum (bila luas alas yang digunakan berukuran paling kecil)
maka:
P Max =  F
              A
P = 200 N
      5 × 2
P = 20 Pa

b. tekanan minimum ( bila luas alas yang digunakan berukuran paling besar )
P Min =   F 
             A
P = 200 N
     10 ×5
P = 4 Pa

2. Sebuah botol di isi air dengan ketinggian 50 cm. jika diberi lobang dengan jarak 10cm dari dasar botol, maka tekanan hidrostatis air adalah ?? ( g = 10 m/s² dan ρ air = 1000 )
maka :
P hidrostatis = ρ × g × h
P = 4200 × 10 × ( 0,5m - 0,1m)
P = 16.800 Pa
iya, maaf telat membantu
ya gpp yang penting uda jawab dgn benar ,sudah sangat membantu :)
iya :D
senang bisa membantu
:),oke
4200 itu datang dari mana ? Bukannya langsun ajj ya dikali gituu ?