Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-09T05:43:43+07:00
Konflik berasal dari kata kerja configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.


Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi 6 macam :Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).Konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)Konflik antar atau tidak antar agamaKonflik antar politik.konflik individu dengan kelompokAkibat dari sebuah konflik adalah sebagai berikut :meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain.keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai.perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll.kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
2014-06-09T05:44:04+07:00
Konflik fungsional : konflik yg punya dampak positif
infungsional : dampaknya negatif