Jawabanmu

2014-06-09T16:03:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Cukup panjang dalam menjelaskan di sini, meski demikian aku coba fokus ke pelakunya saja ya

Ikhtisar awal kebutuhan akan permodalan dimulai saat kita akan menjalankan suatu kegiatan bisnis. Oleh karena itu perlu kita melakukan sebuah studi kelayakan bisnis (feasibility study) yang bertujuan mendapatkan data berapa banyak dana yang dibutuhkan, kapan akan balik modal, dan bagaimana peluang memenangkan pasar.

Setelah melakukan studi kelayakan tadi, kita melangkah ke pembuatan proposal bisnis atau bussiness plan.

Dari sini kemudian kita mendapatkan pilihan permodalan

1. Dari suplier
Kita hanya bertugas menjualkan produk mereka, dan suplier menyediakan modal, prasarana fisik. Di sini pada tabel neraca kita tidak memiliki aktiva ataupun pasiva.

2. Dari perbankan
Kita mendapatkan dana dari bank, dan kita wajib membayar bunga per bulannya / tahunan ke bank. Dalam neraca, mereka masuk sebagai hutang disisi pasiva.

3. Dari modal sendiri (saham /ekuitas)
Kita mengajak orang lain untuk menanamkan dana dan kita membagi resiko usaha kepada mereka. Di neraca hal ini disebut ekuitas / saham dan berada di sisi pasiva.