1. Sebanyak 500mL larutan NH4OH 0,2 M dan 500mL larutan HCl 0,1 M di campurkan.
a. Berapa pH Larutan setelah dicampur (Kb NH4OH = 10^-5) ?
b. Bila ke dalam campuran itu di tambahkan 1 mL NaOH 2 M, berapa pH larutan terakhir setelah dicampur?


Mohon dibantu yaa

2

Jawabanmu

2014-06-08T21:35:19+07:00
500*0.2 500 *0.1
m : 100 50 -
r : 50 50 50
s : 50 - 50
OH- : 10^-5 . 50/50
= 10^-5

POH = - log 10^-5 = 5
PH = 14-5 = 9
Jawaban paling cerdas!
2014-06-08T21:39:59+07:00
Mol NH4OH = M x V = 0,2 x 500 = 100mol
mol HCl = M x V = 0,1 x 500 = 50 mol

    NH4OH + HCl --> NH4Cl + H2O
M: 100          50          -          -
T:    50          50         50       50
S:    50          -            50       50

OH = Kb X Mol basa/mol grm
= 10^-5 x 50/50
=10^-5

pOH =5
pH=9
1 5 1