ayam ras legon dengan warna bulu kuning telur besar disilangkan dengan ayam ras legon dengan warna bulu putih telur kecil.Sifat telur besar dan warna bulu putih adalah sifat dominan.Tentukan :
a. genotip dan fenotip F1
b. tentukan perbandingan fenotip pada F2 jika F1 disilangkan dengan sesamanya
catatan : kedua induk galur murni

2

Jawabanmu

2014-02-01T15:46:52+07:00
A) saya tidak tahu
b) saya juga tidak tahu
Jawaban paling cerdas!
2014-02-01T16:00:35+07:00
Misal warna kuning telur besar (KKBB)
warna putih telur kecil (kkbb)
a. genotip dan fenotip F1
P₁             : KKBB  × kkbb
Gamet       : KB     ×    kb

F₁             : KkBb
genotipe F₁: KkBb
fenotipe  F₁ : ayam legon warna kuning telur besar

b. perbandingan fenotipe F₂ jika F₁ disilangkan sesama
P₂        : KkBb     ×     KkBb
gamet :   KB                KB
              Kb                 Kb
              kB                 kB
              kb                 kb
maka F₂
           KB          Kb          kB          kb
KB     KKBB     KKBb     KkBB      KkBb
Kb      KKBb     KKbb      KkBb      Kkbb
kB      KkBB     KkBb      kkBB      kkBb
kb      KkBb      Kkbb      kkBb       kkbb
perbandingan genotipe F₂ KKBB : KKBb : KKbb : KkBB : KkBb : Kkbb: kkBB : kkBb : kkbb = 1 : 2 : 1 : 2 : 4 : 2 : 1 : 2 : 1 
perbandingan fenotipe F₂ = kuning telur besar : kuning telur kecil : putih telur besar : putih telur kecil = 9:3:3:1
1 5 1