Jawabanmu

2014-06-08T18:34:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Isi perjanjian Giyanti yaitu kerajaan Mataram dibagi menjadi 2 wilayah. Kedua wilayah itu adalah Kasunanan Surakarta di bawah pimpinan Pakubuwono III yang bergelar Senapati Ing Ngalogo Ngabdurrachman Sayidin Panatagama Kalifatulah I ing Ngayogyakarta dan Kasultanan Yogyakarta di bawah Mangkubumi yang bergelar Hamengkubuwono I. 
Perjanjian Giyanti adalah kesepakatan antara VOC, pihak Mataram (diwakili oleh Sunan Pakubuwana III), dan pihak pemberontak dari kelompok Pangeran Mangkubumi yang menjadi solusi bagi salah satu kerusuhan yang terus terjadi di Mataram sepeninggal Sultan Agung. Perjanjian yang ditandatangani pada bulan 13 Februari 1755 ini secara de facto dan de jure menandai berakhirnya Kerajaan Mataram yang sepenuhnya independen.
2014-06-08T18:38:53+07:00
 kalo gasalah pembagian wilayah mataram menjadi dua bagian