Jawabanmu

2014-06-08T14:04:48+07:00
Teknik metalurgi Metalurgi berkembang sebagai dampak dari pengembangan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola logam dari bijih-bijihnya, yang dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan akan tekmonik, sosioteknik dan idio-teknik manusia dalam masyarakat. Menurut Sharer dan Ashmore, kehadiran metalurgi merupakan akibat dari perkembangan teknologi yang melibatkan bahan baku berbagai logam, dan selanjutnya diproduksi menjadi artifak untuk memenuhi kepentingan hidup manusia.
Sebagai contoh cabang teknologi, metalurgi mencakup dua sasaran pokok, yaitu:
1. Cara pengambilan logam dari bijinya
2. Cara pembuatan artifak logam.
Proses pengerjaan logam meliputi kegiatan peleburan, pencampuran (smalgamazing), rolling, elektosa (pemurnian bahan-bahan senyawa), pengerjaan panas, dan sebagainya. Munculnya golongan undagi yang memiliki keterampilan membuat perangkat dari logam merupakan bukti bahwa manusia telah mempunyai puncak pyroteknologi dalam sejarah kehidupannya.
Jenis logam yang lebih awal dikenal oleh manusia adalah tembaga dan emas. Dalam perkembangan teknologi prasejarah Indonesia, belum banyak ditemukan perangkat logam dari perunggu dan besi. Setelah manusia mengetahui teknik pengecoran logam, mereka melangkah lebih jauh untuk mencampur berbagai jenis logam, seperti tembaga dan timah menjadi perunggu.
Dalam teknik metalurgi, dikenal adanya dua cara pengerjaan logam, yaitu teknik tuang dan teknik tempa. Teknik tempa, khususnya, digunakan pada perangkat dari besi dan beberapa benda dari perunggu yang berbentuk wadah. Teknik cetak, terutama, diterapkan pada perangkat dari perunggu. Dipergunakan teknik tempa pada bahan besi kemungkinan dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan menghasilkan logam cair untuk proses pencetakan sehingga lebih banyak diterapkan teknik tempa. Di samping merupakan benda yang berasal dari luar, ada kemungkinan teknik-teknik cetak artifak digunakan untuk membuat nekara di desa Manuaba, Bali.

#smga membantu y :)
#mav y klo slah  :)

14 2 14
jadi jawaban nya yang mana nih kok banyak banget ?
apa kah yang ini ? 1. Cara pengambilan logam dari bijinya
2. Cara pembuatan artifak logam.
y bnr yg itu :)