Jawabanmu

2014-06-08T11:55:49+07:00
1). Tuntutan kepada setiap rakyat Indonesia agar menyediakan tanah pertanian untuk cultuurstelsel tidak melebihi 20% atau seperlima dari tanahnya untuk ditanami jenis tanaman perdagangan.2). Pembebasan tanah yang disediakan untuk cultturstelsel dari pajak, karena hasil tanamannya dianggap sebagai pembayaran pajak.3). Rakyat yang tidak memiliki tanah pertanian dapat menggantinya dengan bekerja di perusahaan milik pemerintah Belanda atau di pabrik milik pemerintah Belanda selama 66 hari atau seperlima tahun.4). Waktu untuk mengerjakan tanaman pada tanah pertanian untuk cultuurstelsel tidak boleh melebihi waktu tanam padi atau kurang lebih 3 (tiga) bulan.5). Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan dikembalikan kepada rakyat.6). Kerusakan atau kerugian sebagai akibat gagal panen yang bukan karena kesalahan petani seperti bencana alam dan terserang hama, akan ditanggung oleh pemerintah Belanda.7). Penyerahan teknik pelaksanaan aturan tanam paksa kepada kepala desa.

semoga membantu,ucapkan terimakasih dan jadikan jawaban terbaik!!
1 5 1
2014-06-08T12:14:57+07:00
Simpelnya begini:
1. Luas tanah yang dipakai untuk menanam tidak lebih dari 1/5 luas keseluruhan tanah.
2. Tanah yang dipakai untuk menanam tersebut dibebaskan dari pajak (karena hasil tanam wajibnya digunakan sebagai pembayaran pajak).
3. Bagi yang tidak punya tanah harus bekerja di perkebunan atau pabrik milik pemerintah kolonial selama 66 hari.
4. Waktu yang dipakai untuk menggarap tanaman wajib tidak boleh lebih banyak daripada waktu untuk menggarap padi.
5. Kelebihan hasil tanam dikembalikan kepada rakyat.
6. Kerusakan dan kerugian akibat bencana dan hal lain yang bukan menjadi kesalahan penanam ditanggung oleh pemerintah kolonial.
7. Kepala desa ditunjuk sebagai pelaksana lapangan dan pengumpul hasil tanam wajib.
1 5 1