Jawabanmu

2014-06-08T09:49:56+07:00
Menurut saya tertera dlm pasal 28 C ayat 2:Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.Walaupun masih bersifat pribadi,namun tujuannya utk umum.
Jawaban paling cerdas!
2014-06-08T10:11:04+07:00
Hak Asasi Politik (political rights):
1. Hak untuk memilih dan dipilih di dalam pemilihan.
2. Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan.
3. Hak untuk membuat dan mendirikan parpol dan organisasi politik lainnya.
4. Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan politik.

Hak Asasi Hukum (legal equality rights)
1. Hak mendapat perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
2. Hak untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil/PNS.
3. Hak untuk mendapat layanan dan perlindungan hukum.

Hak Asasi Ekonomi (property rights)
1. Hak kebebasan untuk melakukan jual beli.
2. Hak kebebasan untuk menyelenggarakan kegiatan sewa menyewa atau utang piutang.
3. Hak kebebasan untuk memiliki sesuatu.
4. Hak untuk memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Hak Asasi Peradilan (procedural rights)
1. Hak mendapatkan pembelaan hukum di peradilan.
2. Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapan, penahanan, dan penyelidikan di mata hukum. 

Hak Asasi Sosial Budaya (social culture rights)
1. Hak menentukan, memilih, dan mendapatkan pendidikan.
2. Hak mendapatkan pengajaran.
3. Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai bakat dan minat.