Es 400 gram suhu -4° kedalamnya dituangkan 800 gram air mendidih bersuhu 100°, bila kalor jenis es 0,5 kal/c, kalor jenis air 1kal/c, dan kalor lebur es 80 kal/c.
Berapakah suhu akhir campuran tersebut?

2
Tc = [mes ces Tes + mair cair Tair - mes L] / [mes ces + mair cair] => [400 . 0,5 . -4 + 800 . 1 . 100 - 400 . 80] / [400. 0,5 + 800 . 1] = -800 + 80 000 - 32 000 / [200 + 800] = 47 200 / 1000 = 47,2 utuk satuan sesuaikan dengan satuan yang diminta

Jawabanmu

2014-06-07T19:17:05+07:00
Ini asas black :
400x0,5x(T--4) = 800x1x( 100-T)
200T+800 = 80000-800T
1000T= 76200
T= 7,62
maaf kalau salah :)
Komentar sudah dihapus
baik.. terimakasih banyak:)
Jawaban paling cerdas!
2014-06-07T19:34:37+07:00

m.c.delta t + m.l = m.c. delta t
400 gr x 0,5 × (tc-4°) + 400 × 80 = 800 × 1 × (100-tc)
200tc - 800 + 32000 = 80.000 -800tc
1000tc = 80.000-31.200
tc = 48,8° C
1 5 1