Saya masih belom paham pelajaran persilangan di hibrid dan monohibrid
Tolong di jelaskan
dan ini pertanyaan nya
persilangan antara tanaman bunga warna merah (MM) dengan tanaman bunga warna putih (mm) menghasilkan F₁ di silangkan dengan sesamanya, kemungkinan akan di peroleh fenotipe F₂ dengan perbandingan ....
a. 75% merah & 25% putih
b. 50% merah muda : 50% merah
c. 75% merah muda dan 25% putih
d. 25% merah, 50% merah muda & 25% putih

2

Jawabanmu

2014-06-07T18:52:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
persilangan antara tanaman bunga warna merah (MM) dengan tanaman bunga warna putih (mm) menghasilkan F₁ di silangkan dengan sesamanya, kemungkinan akan di peroleh fenotipe F₂ dengan perbandingan .... 
a. 75% merah & 25% putih 
b. 50% merah muda : 50% merah 
c. 75% merah muda dan 25% putih 
d. 25% merah, 50% merah muda & 25% putih
jawab:
P :    MM  x  mm
G :       M      m
F1 :      Mm
F1 x F1
           M        m
M      MM      Mm
m      Mm      mm
jadi Fenotirnya : 1 MM  : 2Mm : 1 mm
sehingga MM (merah) = 1/4 x 100% = 25%
Mm = 2/4 x 100% = 50%
mm = 1/4 x100% = 25%

Jawaban paling cerdas!
2014-06-07T18:54:14+07:00
Jadi kalo monohibrid itu kalo ada satu sifat beda, misalnya utk bunga ungu, gametnya UU, Uu, dan uu.
kalo dihibrid itu ada dua sifat beda, misalnya utk kacang. bulat (B) dominan thd kisut (b), dan kuning (K) dominan thd putih (k). maka, variasi gametnya BBKK, BBKk, BBkk, BbKK, BbKk, Bbkk, bbKK, bbKk, dan bbkk.

kalo utk soal ini, karena cuma ada satu sifat beda, maka yg dipake hk. mendel I, ttg persilangan monohibrid. kalo soal-soal model gini pakenya metode papan catur aja.

MM >< mm
  M        m
 =   Mm >< Mm
       M        M
       m        m
= MM, Mm, Mm, mm
    1   :      2      :   1
 MM = merah
Mm = merah muda
mm = putih
maka, perbandingannya, 25% merah, 50% merah muda, dan 25% putih
1 5 1