Jawabanmu

2014-06-07T09:11:14+07:00
Fungsi bios
Menjalankan perintah dengan istilah Power on Self Test. Sebelum kita menginstal sebuah komputer maupun laptop baru, tentu hal yang pertama kita lakukan adalah melakukan test dengan cara mengecek beberapa perangkat yang ada pada komputer. BIOS juga bisa memberikan informasi yang akurat mengenai spesifikasi piranti yang terinstal melalui papan motherboard.

Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka bios memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.


Pengaturan konfigurasi proses dasar sebelum masuk sistem operasi. Dilakukan pada saat menginstal perangkat lunak windows pada komputer, BIOS  mengatur lalu lalang dari berbagai perangkat lain berdasarkan fungsinya masing – masing tanpa crash. Pengaturan konfigurasi ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang ingin meningkatkan kerja komputer agar lebih cepat dengan biaya yang murah dilakukan pada saat over clocking sebuah desktop komputer. Meskipun BIOS bisa menjalankan perintah namun tidak semua motherboard mampu mengeksekusinya karena masing – masing motherboard memiliki kemampuan kerja masing -  masing berdasarkan spesifikasinya.


Munculnya sistem operasi baik itu windows, linux, ubuntu dan jenis sistem operasi lainnya merupakan bantuan dari BIOS, BIOS akan melakukan perintah boot manakala yang digunakan pertama adalah sistem operasi, kalau pada windows biasanya terletak di C untuk sistem. Maka BIOS melakukan perintah sesuai yang kita set.


BIOS membantu dalam pengaturan hardware

Sering dijumpai pada sebuah unit komputer mengalami kegagalan pada sistem sehingga windows tidak bisa muncul pada papan layar. Ini disebabkan karena kesalahan pada setting BIOS yang tidak sesuai dengan prosedur aturan.

1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-06-07T09:13:14+07:00
1. Menyalakan dan menguji perangkat keras.
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi.
3. Mengatur konfigurasi dasar komputer ( waktu,tanggal,boot setting dll.)
4. Membantu sistem operasi untuk mengatur perangkat keras.
4 4 4