Terdapat 4.48 liter gas hidrogen pada keadaan STP yg tepat bereaksi dengan gas oksigen menghasilkan air.Tentukan :
a. volume dan massa gas oksigen yang bereaksi pada keadaan STP
b. massa air yang dihasilkan (diket : Ar H = 1 , O = 16)

2

Jawabanmu

2014-06-06T21:47:04+07:00
Persamaan reaksi:
2H2 + O2 ---> 2H2O

volum O2:
koefisien O2/H2 x volume H2 = 1/2 x 4,48 = 2,24 L
massa O2. cari molnya dulu. 2,24/22,4 = 0,1 mol.
massa O2 = Mr x 0,1 mol = 32 gram/ mol x 0,1 mol = 3,2 gram

massa air yg dihasilkan
volume H20 = koef volum H2O/H2 x volum H2 = 4,48.
molnya = 4,48 : 22,4 = 0,2 mol
massa H2O = 18 x 0,2 = 3,6 gram
2 3 2
Jawaban paling cerdas!
2014-06-06T21:50:40+07:00
2H2 + O2 = 2H2O

mol H2 = V stp / 22,4
= 4,48 / 22,4
= 0,2

perbandingan koefisien = 2 : 1 : 2
perbandingan mol = 0,2 : 0,1 : 0,2

V O2 stp = mol . 22,4
= 0,1 . 22,4
= 2,24 lt

m O2 = mol . Mr O2
= 0,1 . 32
= 3,2 gr

m H2O = mol . Mr H2O
= 0,2 . 18
=3,6 gr

jadiin jawaban terbaik yaa :) ^^