Jawabanmu

2014-06-06T21:19:33+07:00
"Secara etimologi atau asal usul kata, "demokrasi" berasal dari dua kata, yaitu demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan, sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sedangkan terminologi atau definisi demokrasi adalah Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut."
30 4 30
2014-06-06T21:22:45+07:00
Pergertian DEMOKRASI secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demoas berarti rakyat atau penduduk dan cratein yang berarti kekuasaan atau kedaulatan, dengan demikian demokrasi adalah keadaan negara dimana kedaulatan atau kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat. konsep demokrasi merupakan tata pemerintahan yang paling unggul dibandingkan dengan tata pemerintah lainnya. konsep demokrasi diterima oleh seluruh negara di dunia. kata demokrasi sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln mengatakan demokrasi adalah government of the people, by the people and for the people. (Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat).
Demokrasi memiliki prinsip- prinsip universal yakni : Pemilihan Umum yang bebas, Manajemen yang transparan, Pembagian kekuasaan, Pemerintah yang berdasarkan hukum, Pres yang bebas, Pengakuan hak manoritas, Persaingan keahlian, beberapa partai politik, konsensus, Persetujuan, pemerintahan yang konstitusional, Ketentuan tentang pendemokrasian, Pengawasan terhadap administrasi negara, Perlindungan hak asasi, Pemerintah yang mayoritas, Adanya mekanisme politik, Kebebasan kebijaksanaan negara, dan adanya pemerintah yang mengutamakan musyawarah.
8 4 8