Jawabanmu

2014-02-01T03:14:01+07:00
Narasi : Khalil Gibran yang lahir pada 6 Januari 1883, dkenal sangat dekat dengan ibunya. Bahkan guru Gibran yang pertama adalah ibunya sendiri, Gibran mula-mula mengenal kisah-kisah terkenal Arabia dari zaman Khalifah Harun al-Rasyid: Seribu Satu Malam dan Nyanyian-nyanyian Perburuan Abu Nawas. Ibunya pulalah yang menanam andil besar dalam membentu Gibran sebagai penulis dan pelukis dunia.

Deskripsi: Di hadapanku, berjajar gugusan Kepulauan Krakatau yang terdiri atas Pulau Panjang, Pulau Sertung, Pulau Rakata, dan Pulau Gunung Anak Krakatau. Dari kejauhan, asap kelabu terus mengepul dari puncuk Gunung Anak Krakatau. Di sebelah tenggatra, menjulang Pulau Rakata yang berbentuk kerucut terbelah. Dari puncak Pulau Rakata hingga ke dasar berupa tebing yang melengkung, menandakan separuh bagiannya musnah akibat letusan yang dashyat.

Narasi: Hampir seabad silam, tepatnya 95 tahun yang lalu, peneliti asal Belanda bernama BCChMM van Suchtelen sudah sangat takjub dengan fenomena perubahan-perubahan warna air di tiga kawah Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kawah Tiwu Ata Polo sering menunjukkan warna merah darah, Kawah Tiwu Nua Muri Koo Fai berwarna hijau zamrud, dan Kawah Tiwu Ata Mbupu berwarna putih. Karena itu, Kelimutu sering disebut danau Tri warna.