Fungsi pranata social secara umum:

a. Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat dalam hal bertingkah laku dan bersikap dalam menghadapi masalah kemasyarakatan.

b. Menjaga keutuhan dan integrasi masyarakat.

c. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, artinya sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.

Jawabanmu

2014-06-05T22:23:20+07:00
A. Menjaga keutuhan masyarakat Kehidupan masyarakat merupakan suatu sistem, sehingga apa yang dilakukan setiap anggota masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitarnya

b. Sebagai sosial control Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control). Artinya menjadi sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggotaanggotanya.

c. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat Pranata sosial memberikan pedoman pada anggota masyarakat. Bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah-masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan. Pranata sosial memberikan arahan kepada setiap individu mengenai bagaimana seharusnya ia melakukan kegiatan dalam memenuhi kebutuhannya,
1 5 1
2014-06-05T22:25:15+07:00
Secara umum, pranata sosial mempunyai fungsi berdasarkan dua pertimbangan, sebagai berikut.
a. Berdasarkan fungsi manifes dan lafen
1) Fungsi manifes (nyata) merupakan fungsi pranata sosial yang disadari oleh masyarakat secara keseluruhan. Contoh : pranata keluarga merupakan tempat dilakukannya penanaman awal terhadap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
2) Fungsi laten (terselubung), merupakan fungsi pranata sosial yang tidak disadari oleh masyarakat. Sebagai contoh : pranata ekonomi dapat menimbulkan pengangguran dan kesenjangan sosial.
b. Berdasarkan fungsional dan disfungsional
1) Pranata sosial bersifat fungsional adalah pranata sosial yang ikut mendukung kelangsungan hidup masyarakat. Contoh : pranata keluarga.
2) Pranata sosial yang bersifat disfungsional adalah pranata sosial yang merugikan kelangsungan hidup masyarakat. Contoh : tingkat pendidikan ibu yang rendah yang mengakibatkan tingkat gizi di masyarakat menjadi rendah.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi pranata sosial dalam masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang cara bersikap atau berperilaku dalam menghadapi masalah di dalam masyarakat.
b. Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan.
c. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial atau pengawasan dari masyarakat terhadap perilaku anggotanya.

~semoga bermanfa'at~

1 5 1