Jawabanmu

2014-06-05T17:40:05+07:00
" saudara2 sekalian. saya sudah minta saudara2 hadir disini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dlm sejarah kita. berpuluh-puluh tahun kita bangsa indonesia telah berjuang utk kemerdekaan tanah air kita. bahkan telah beratus-ratus tahun. gelombangnya aksi kita utk mencapai kemerdekaan itu ada naik ada turunnya, ttpi jiwa kita tetap menuju ke arah cita2. juga di dalam jaman jepang, usaha kita utk mencapai kemerdekaan nasional tidak henti2. di dalam jaman jepang ini, tampaknya saja kita menyandarkan diri pd mereka. ttpi pd hakekatnya, tetap kita menyusun tnga kita sndr, ttp kita prcya kpd kkuatan sndr.

skrg tibalah saatnya kita benar2 mengambil nasib bangsa dan nasib tnh air di dlm tangan kita sndr. hanya bangsa yang berani mengambil nasib dlm tgn sndri akn dpt brdiri dgn kuatnya. maka kami, tadi malam telah mengadakan musyawarat dgn pemuka2 rakyat indonesia dri sluruh indonesia. permusyawaratan itu seia-sekata berpendapat bahwa skrglah dtg saatnya utk mnyatakan kemerdekaan kita. saudara2, dgn ini kami nyatakan kebulatan tekad itu. dengarlah proklamasi kami.

demikian saudara2,
kita skrg sdh merdeka, tdk ada satupun ikatan yg mengikat tanah air dan bangsa kita. mulai saat ini, kita mnyusun ngra kita. negara merdeka, negara republik indonesia, merdeka, kekal dan abadi, insya allah, tuhan memberkati kemerdekaan kita itu."
1 3 1