Jawabanmu

2014-01-31T10:31:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Persatuan Nusantara di bawah panji-panji Majapahit ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Gajah Mada sebagai patih hamangkubhumi. Gajah Mada adalah seorang pejuang sejati karena ia meniti karir benar-benar mulai dari bawah. Mengenai Gajah Mada sendiri tidak banyak yang dapat diungkapkan karena usal-usulnya tidak begitu diketahui dengan jelas. Ia memulai karirnya di Majapahit sebagai bekel, sebuah jabatan yang tergolong rendahan. Karena usahanya yang telah berhasil menyelamatkan pemeri.
Ya benar memang hal inilah yang menjadi latar belakang munculnya gajah mada ... sebelum berhasil mempersatukan nusantara ke dalam kedaulatan kerajaan ... Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa (nya).
Gajahmada tidak mau 1 bangsa 1nusa terpecah belah hanya untuk kekuasaan.

1 5 1
2014-01-31T10:32:17+07:00
Gajah Mada berasal dari seorang pemimpin pasukan dengan pangkat begelen atau lurah prajurit, yang kemudian menyelamatkan raja Majapahit Sri Jayanagara ketika terjadi pemberontakan Ra Kuti, dilarikan ke daerah sekitar Lumajang. Setelah melakukan penyusunan kekuatan, kemudian berhasil merebut kembali kekuasaan Majapahit yang ibu kota kerajaan sempat dikuasi oleh pasukan pemberontak yang dipimpin Ra kuti.Setelah itu Gajah Mada diangkat menjadi patih di kerajaan bawahan Majapahit yaitu Daha, dilanjut menjadi patih di Jenggala  dan akhirnya diangkat menjadi Maha Patih di kerajaan Majapahit. Gajah Mada berhasil menumpas pemberontakan dibeberapa daerah kerajaan bawahan kerajaan Majapahit juga, yaitu kerajaan Sadeng dan Keta, dilanjut dengan invasi terhadapa ke kerajaan Bali. Ketika diangkat atau dinobatkan menjadi maha patih di kerajaan Majapahit, disitulah Gajah Mada mengucapkan sumpah yang terkenal dengan sebutan "Sumpah Palapa".