Jawabanmu

2014-07-01T23:22:00+07:00
"Piano dari Masa ke Masa"
Pada masa awal adanya peradaban manusia di muka bumi, musik sudah menjadi salah satu elemen budaya dari masing-masing peradaban. Bahkan musik memberikan warna dan ciri khas untuk suatu kebudayaan di setiap daerahnya. Seperti musik Timur Tengah, musik Eropa, musik dangdut dan lain sebagainya. Tentu saja musik tidak muncul  dengan sendirinya. Selalu ada benda atau alat yang menyebabkan bunyi-bunyian yang enak di dengar. Salah satunya adalah piano. Kita akan membahas piano mulai dari titik awal di buat hingga dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu kita juga akan membahas pianis-pianis berbakat yang hidup di era dimana piano menjadi sesuatu hal yang luar biasa. 
Bagaimanakah sejarah piano dan para pianis  berawal? Cikal bakal piano sebenarnya adalah alat musik kecapi. Kesamaan dari dua instrumen ini adalah, sama-sama menggunakan senar. Cara kerja kecapi adalah dengan di petik. Kemudian setelah  itu muncul alat musik monochord lalu muncul juga gambus. Gambus umum pada abad ke-14 dan ke-15. Bentuknya seperti kotak tertutup dan ada senar yang membujur diatasnya. Cara memainkannya pun sama-sama di petik. Selain gambus ada pula dulcimer, bentuknya sangat mirip dengan gambus, akan tetapi cara memainkannya yang berbeda. Dulcimer dimainkan dengan cara di pukul senarnya. sehingga di sinyalir asal muasal piano adalah dulcimer.
Hingga pada tahun 800 M di Roma, mulai ada pengembangan terhadap notasi musik. Kemudian tahun 1400 di Inggris mulai dikenal rumah para nada, atau kita biasa melihatnya sebagai  lima buah garis tempat kita meletakkan not balok.
 Menjelang pertengahan abad ke-14 atau sekitar tahun 1350, pandai besi dari Jerman mulai melakukan terobosan untuk membuat senar/string untuk alat musik. Ada yang terbuat dari plat baja. Sampai pada awal abad ke-19 besi, emas, perak, kuningan, usus, rambut kuda, hingga nylon digunakan sebagai bahan untuk membuat senar. Awalnya senar dari plat baja muncul pada tahun 1735 di Wales. Sebuah perusahaan piano bernama Broadwood menyatakan bahwa mereka menggunakan plat baja sebagai senarnya, tetapi belum ada yang mengkonfirmasi kejelasannya. Sedangkan di lain sisi menurut Oxford Companion, pada tahun 1819 Brockedon membuat kawat baja melalui lubang berlian ataupun ruby.
Sebelum tahun 1843, senar-senar hanya dibuat dari besi atau kuningan. sampai pada saat ketika Webster dari Birmingham memperkenalkan senar dari baja. Ada juga yang menyatakan kawat terbaik berhasil dibuat di Nuremberg dan kemudian dari Berlin yang melakukan terobosan senar yang di lapisi oleh emas, perak, sampai platinum. Akan tetapi tetap senar yang dipoleslah yang dianggap terbaik.
Pada tahun 1400-an, telah ditemukan clavichord yang memiliki 10 senar. Hingga pada tahun 1450 keyboard yang memiliki kunci yang sangat berat yang di sebut sebagai "organ beaters" menurut modus alami dianggap sebagai dasar dari sistem musik. 
Kemudian pada tahun 1598, Paladino menulis surat yang ditujukan untuk Duke of Modena yang berisi penjelasan intrumen yang di buatnya dengan julukan 'piano e forte'. Memang instrumen ini sudah dapat menunjukkan unsur bunyi yang lemut dan keras, tetapi belum menunjukkan apakah itu tipe alat musik harpsichord yang pas dengan perangkat pemukul senar piano. Setelah Paladino menunjukkan karyanya piano e forte, pada tahun 1709 muncul artikel yang ditulis oleh Scipione Maffei yang berisi tentang penemuan instrumen musik yang benar-benar dapat di beri julukan "pianoforte". Pianoforte menurut artikel Scipione di temukan oleh seorang Bartolomeo Cristofori (1655-1732). 
Instrumen ini benar-benar menunjukkan cara kerja harpsichord atau mekanisme ini biasa disebut dengan "palu harpsichord". Dan pada tahun 1725 Gottfried Silberman yang juga pembuat clavichord, membuat  2 piano sesuai rancangan dari Cristofori. Setelah Silberman membuat piano ini, banyak orang yang tidak menyukai piano. Termasuk teman dekat Silberman yaitu Johann Sebastian Bach yang kita kenal sebagai komposer berkebangsaan Jerman yang berbakat. Tetapi lama kelamaan Bach menyukai piano hingga berhasil menciptakan karya yang sangat bagus salah satunya adalah Brandenburg Concerto.
Kemudian murid Silberman yang bernama Christian Ernst Friederici melakukan percobaan juga dengan membuat piano kecil berbentuk kotak yang dia namai dengan "fortbien". Selain fortbien, Friederici juga membuat piano benbentuk pyramid. setelah berakhirnya perang yang melanda Jerman, tepatnya sekitar tahun 1760, piano menjadi sangat diminati oleh masyarakat pada masa itu.
Selain J.S Bach, ada pula seorang pembuat piano bernama Schiedmayer (1711-1781) yang memiliki 3 putra dan 2 diantaranya adalah pembuat piano juga. Mereka bernama Adam dan David Schiedmayer. Adam dan David yang sama-sama berprofesi membuat piano ini akhirnya bekerja sama dan membuat perusahaan pembuat piano. Pada akhirnya perusahaan ini jadi perusahaan tunggal yang sukses.