Pagi pagi sekali leo telah pergi ke hutan yang menebang pohon dengan semangat dan mengerahkan seluruh tenaganya sementara simon pagi itu mulai bekerja seperti biasa akan tetapi menjelang sore hari leo hanya berhasil mengumpulkan 9 batang pohon sengon malah berhasil menebang 12 batang pohon tuan mugabe menjadi heran dia tahu kalau leo selalu bekerja lebih awal dan lebih giat sedangkan sinyal bekerja dengan waktu dan kecepatan biasa maafkan hamba tuhan sepertinya hamba kehilangan tenaga dan kekuatan keluh leo sedih aneh kenapa sekarang justru hasil tebangan simon lebih banyak pada tubuh mu lebih besar dan kuat dibanding simon dan tuan mugabe heran karena penasaran tuan mugabe pun berusaha menyelidiki hal itu pagi pagi sekali ya sudah berada di dalam hutan mengawasi kedua pekerjaannya yang pertama datang adalah leo begitu sampai ia langsung menebang pohon dengan gigihnya hhmmmm leo lebih dahulu mulai bekerja sebelum simon tapi mengapa? Pikir tuhan mugabe tak lama kemudian datanglah simon begitu sampai ia tidak langsung bekerja simon mengeluarkan kapak dan mengasah kapak nya sampai tajam berkilauan melihat hal itu tuan mugabe tersenyum yang kini tahu jawabannya sore itu berhasil mengumpulkan 12 batang pohon sementara leo cuma 8 batang saja leo menemui majikan dan meminta maaf dengan sedih tuan mugabe tersenyum kapan terakhir kali kamu mengasah kapakmu mengasah? hamba tidak punya waktu untuk mengasah kapak hamba terlalu sibuk menebang pohon jawab leo jujur jujur itulah sebabnya hasil kerjamu menurun kau bekerja dua kali lebih keras padahal kalau memakai kapak yang tumpul akibatnya kalau butuh waktu lebih lama untuk menebang pohon jelas tuanmu mugabe leo mengangguk mengerti ia kini sadar kecerobohannya iya juga mengagumi kecamatan simo dalam bekerja

1. sebut dan jelaskan latar cerpen tersebut
2. jelaskan tema yang paling tepat untuk penggalan cerpen tersebut
3. jelaskan perwatakan leo dan simon
4.sebut dan jelaskan nilai apa saja yang dapat ditemukan pada penggalan cerpen tersebut
5. Terangkan amanat yang dapat diperoleh dari penggalan cerpen tersebut


tolong dijawab cepat ya nanti aku jadikan yg terbaik

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-05T07:23:22+07:00
1. di hutan dan sedang menebang pohon
2. Simo anak yang cerdik
3. Leo : Giat bekerja tapi kurang cerdik untuk melakukan sesuatu
   Simo : Cerdik dan mampu menyelesaikan lebih banyak
4. Dapat melakukan hal lebih banyak karena Kecerdikannya dan kepandaiannya
5. Harus lebih cerdik dan pandai dalam melakukan sesuatu
Maaf kalo jawabannya ada yang salah ..
2014-06-05T13:36:31+07:00