Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-04T22:43:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Larutan 100 ml CH3COOH 0,15 M dicampurkan dengan 50 ml laritan NaOH 0,2 M. Jika ka=1,7 • 10pangkat -5, maka pH campuran tersebut adalah
diket
CH₃COOH = 100 mL , 0,15M => 15mmol
NaOH = 50 mL , 0,2 M => 10 mmol
Ka = 1,7 .10⁻⁵
ditanya : PH campuran
jawab:
CH₃COOH + NaOH -----> CH₃COONa  +  H₂O
  15 mmol      10 mmol 
  10 mmol       10 mmol          10mmol        10mmol
--------------------------------------------------------------------------
     5 mmol        -                      10 mmol      10 mmol =>sisa asam lemah (Buffer asam)

PH = - log Ka [a]/[g]
PH = -log 1,7.10⁻⁵ (5/10)
PH = - log 0,85 . 10⁻⁵
PH = -log 85 .10⁻⁷
PH = 7 - log 85
PH = 7 - 1,93
PH = 5,07
2 3 2
2014-06-05T02:35:43+07:00
Mol CH3COOH = 100 x 0.15 = 15 mmol
mol NaOH = 50 x 0.2 = 10 mmol

[H+] = Ka x a/g
= 1.7 x 10^-5 x 15/10
= 1.7 x 1.5 x 10^-5
= 2.55 x 10^-5

pH = - log 2.55 x 10^-5
= 5 - log 2.55
= 5 - 0.4
= 4.6