Jawabanmu

2014-06-04T20:25:56+07:00
Kalimat aktif yang subjeknya berada didepan ,"me"
kalau pasif objek yang didepan, "di"

contoh : - adi memakan apel (aktif)
             - apel dimakan adi (pasif)

atau tidak termasuk keduanya?
pasif dan aktif
maksudnya?
Tidak keduanya. Karena dapat dijelaskan bahwa kalimat aktif seperti menyuruh atau melakukan sesuatu atas kemauan, sedangkan kalimat pasif yaitu mengenai "benda" yang dikerjakan. Dan kalimat " Dilihatnya Keke melambaikan tangan", tidak termasuk dalam keduanya, karena tidak menonjolkan 'suatu pekerjaan yang dikerjakan' atau 'suatu inti benda yg menjadi alat yg dikerjakan'.
oke.. thanks ya
Jawaban paling cerdas!
2014-06-04T20:25:57+07:00
.Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai sesuatu pekerjaan.
Contoh:
>> Kalimat aktif: Rani sedang menyiram tanaman.
- Kalimat pasif: Tanaman sedang disiram Rani.
>> Kalimat aktif: Danu membeli buku pelajaran.
- Kalimat pasif: Buku pelajaran dibeli Danu.
>> Kalimat aktif: Kakak sedang membaca buku.
- Kalimat pasif: Buku sedang dibaca Kakak
2 5 2