Dalam bentuk trigliserida, lemak disintesis menjadi asam lemak dan glliserol. pada prosesnya, gliserol dan asam lemak memerlukan glukosa untuk memasuki siklus krebs atau biasanya dikenal dengan TCA, dengan memasuki siklus ini gliserol dan asam lemak dapat diubah menjadi energi. asam lemak hasil sintesis lemak hanya terdiri dari pecahan 2-karbon, karena itu sel tubuh tidak dapat membentuk glukosa dari asam lemak, begitupun dengan gliserol, karena gliserol hanya merupakan 5% dari lemak.
Dengan demikian, sel tubuh tidak dapat membentuk glukosa dari lemak. karena tubuh tidak dapat membentuk glukosa dari lemak maka organ tubuh tertentu seperti sistem saraf tidak dapat mendapat energi dari lemak, dan karena hal itu pula proses pembakaran lemak tubuh membutuhkan proses yang panjang, salah satunya harus membutuhkan bantuan glukosa.
Mungkin terlihat rumit, namun itu proses/ step-step mengenai metabolisme lemak/lipid.

Jawabanmu

2014-01-30T20:02:48+07:00
Dimulai dari mulut yaitu dengan dikunyah, kemudian ke lambung dibantu enzim lipase. selanjutnya berlanjut ke usus besar, sedikit lemak dan kolestrol yang terkurung dalam serat makanan, terbuang bersama feses. sedang lemak yang tdk terbuang brsama feses berlanjut ke usus halus, lemak yang telah mengalami proses hidrolisi akan masuk ke dalam metabolisme lemak. (mungkin seperti itu)
7 3 7
2014-01-30T20:03:52+07:00
Dengan proses katabolisme
hasilnya yaitu asam lemak dan gliserol