Jawabanmu

2014-06-04T18:39:06+07:00
No. Perwakilan Diplomatik Perwakilan Konsuler
1.
Tugasnya dalam bidang politik sedangkan perwakilan konsuler
Tugasnya dalam bidang non politik 
2. Hanya 1 perwakilan dan ditempatkan di Ibu Kota Negara

sedangkan perwakilan konsuler Lebih dari 1 perwakilan, tergantung kebutuhan
3. Surat tugas ditandatangani oleh Kepala Negara

sedangkan perwakilan konsuler Surat tugas ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri
 
4. Dapat mempengaruhi perwakilan konsuler

sedangkan perwakilan konsuler Harus tunduk pada perwakilan diplomatik
5. Memiliki daerah Ekstrateritorial

sedangkan perwakilan konsuler Tidak Memiliki daerah Ekstrateritorial
6. Dapat berhubungan langsung dengan pemerintah pusat Negara penerima

sedangkan perwakilan konsuler Hanya dapat berhubungan dengan pemerintah setempat (daerah), jika ingin berhubungan dengan pemarintah pusat maka melalui perwakilan diplomatik
7. Hak immunitasnya penuh

sedangkan perwakilan konsuler Hak imunitasnya sebagian Mulai Berlakunya
8.
Saat menyerahkan surat kepercayaan (Konvensi Wina 1961)
 
sedangkan perwakilan konsuler  Pemberitahuan yang layak kepada Negara penerima (Konvensi Wina 1963)




2014-06-04T18:46:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
jelaskan perbedaan dan perbedaan antara korps perwakilan diplomatik dan korps perwakilan konsuler.
jawab:

Diplomatik (diplomacy) berarti sarana yang sah atau legal, terbuka dan terang-terangan yang digunakan oleh suatu negara dalam melaksanakan politik luar negerinya.
Menurut Kepres Nomor 108 Tahun 2003 Tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, perwakilan diplomatik adalah kedutaan besar Republik Indonesia dan perutusan tetap Republik Indonesia yang melakukan kegiatan diplomatik di seluruh wilayah negara penerima dan/atau pada organisasi internasional untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan pemerintah
Republik Indonesia.
sedangkan
Bertindak untuk membantu dan melindungi warga negaranya serta menfasilitasi hubungan perdagangan dan persahabatan (hal ini yang membedakan tugas antara seorang konsul dengan duta besar yang mewakili sebuah negara) yang ditugaskan di luar wilayah metropolitan atau ibu kota sebuah negara di luar negeri, dan berkewajiban menjaga kepentingan negara serta rakyatnya yang berada di negara luar negeri tersebut.

Kantor tempat konsul bertugas disebut konsulat atau konsulat jenderal, dan umumnya berada di bawah pimpinan sebuah kedutaan besar, yang biasanya terletak di ibu kota negara.

Hmm, hai teman sesama moderator :) tolong yang jawaban diplomatik sampai pemerintah Republik Indonesia tolong dikoreksi lagi ya :) Karena kamu terbukti menyalin dari web lain :) terimakasih :)