Jawabanmu

2014-01-30T19:20:10+07:00
Ukuran sel berkaitan dengan fungsi sel tersebut  dan organel-organel sel yang melakukan proses metabolisme.Agar dapat hidup secara normal, sel harus berukuran kecil. Mengapa sel tidak berukuran besar saja? Jawabannya menyangkut perbandingan luas permukaan dengan volume.
kesimpulan yang dapat diambil mengapa sel itu berukuran kecil yaitu:Dengan sel yang kecil, rasio(perbandingan) luas permukaan terhadap volume lebih besar dari pada sel yang besar.Dengan besarnya rasio luas permukaan terhadap volume, pemenuhan kebutuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna akan lebih cepat. ( sel yang berukuran kecil akan bekerja lebih efektif didalam jaringan dibandingkan dengan sel besar)Dengan ukuran sel yang kecil, sel tidak akan terpengaruh dengan daya tarik bumi dan itu akan mempermudah kerja sel.
6 3 6
karena umumnya sel barukuranmikropis
ya itu salah satunya, gk kebayang deh kalo sel kita segede hewan
namun ada sel yang berukuran besar , yaitu telur burung onta dan sel saraf jerapah panjangnya lebih dari 1 meter ,,,,, coba banyangin deh ,,,
kalo telur sih emang dia segitu satu selnya, tapi kan manusia jg punya sel telur yang ukurannya gk sebesar ukuran telur aves.
iya , iya , iya (y)
2014-01-30T19:20:40+07:00
Karena sel merupakan penyusun tubuh makhluk hidup.
2 4 2