umpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M).
Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton

Jawabanmu

2014-01-30T19:07:11+07:00
Gajah mada mengucapkan sumpah palapa yg berisi bahwa dia akan menikmati palapa/rempah" (yg diartikan kenikmatan duniawi) bila tlah berhasil menyatukan nusantara.
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-01-30T19:11:01+07:00
Setelah wafatnya raden wijaya, dan digantikan oleh anaknya yg bernama raden Jayanegara. kerajaan majapahit sering dironrong oleh pemberontakan yg dilakukan oleh diharmapura atau pejabat negara. ketika terjadinya pemberontakan inilah muncul nama Gajah Mada. ia adalah pasukan kerajaan jayanegara yg berhasil menyelamatkan jayanegara dri pemberontakan. saat jayanegara mengungsi Gajah Mada diangkat menjadi Patih. setelah jayanegara wafat. terjadilah pemberontakan dan berhasil di hentikan oleh Gajah mada. sebagai imbalan gajah mada diangkat menjadi perdana mentri. dan saat pelantikannya gajah mada mengucapkan Sumpah Palapa.


4 4 4