Jawabanmu

2014-01-30T18:44:56+07:00
Perbedaan Besi dan Baja

Perbedaan besi dan baja terletak pada kandungan paduan karbon (C) yang akan menentukan sifat-sifat lain dari besi dan baja tersebut. Paduan baja yang mengandung lebih banyak karbon dari nilai komersialnya dapat dinamakan besi. Kandungan karbon pada beberapa jenis baja mencapai 0,04 persen sampai 2,0 persen. Besi tuang, besi tuang maleable, pig iron mengandung jumlah karbon sekiar 2-4 persen. Tetapi ada juga besi yang tidak mengandung karbon yaitu white-heart malleable iron.

Pembuatan bahan baku besi dan baja dapat dilakukan dalam blast furnace ang menghasilkan pig iron. Pembuatan langsung juga dapat dilakukan dengan alat revolving kiln yang menghasilkan spong iron.

Paduan baja dan besi dapat dikelompokan dalam ferroalloys. Paduan ini dapat menghasilkan jenis-jenis baja. Jumlah paduan yang diunakan dalam pembuatan besi dan baja bervariasi hingga mengandung 20 sampai 80 persen dari elemen paduan. Paduan ini seperti Mangan, Silkon , dan Cromium.
terus poin yg intinya membedakan antara besi dan baja itu apa ? efektif dong
(Y)
2014-01-30T18:44:58+07:00
Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi hematite yang ditambang, simbol pada deret periodik unsur Fe dan nomor atom 26. Termasuk jenis logam transisi

Baja adalah logam alloy (tempa) dengan bahan dasar besi yang dicampur karbon (yang paling moderen dicampur silikon juga) dalam kadar tertentu sesuai kebutuhan. Baja tahan karat (stainless steel) mengandung minimal 10% chromium, dan kadang juga dicampur dengan nikel