Jawabanmu

2014-01-30T17:04:28+07:00
Dalam Perang Dingin yang mana Amerika berhadapan dengan Uni Soviet dan Cina yang bersekutu dengan komunis Kamboja dan Vietnam, Thailand menjadi wilayah strategis dan basis operasi militer-intelijen Amerika. Bahkan ketika Pangeran Sihanouk digulingkan dari tampuk kekuasaan melalui kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Lon Nol, Thailand menjadi tempat pertemuan rahasia antara para perwira militer-intelijen Amerika dan Kamboja, dalam menyusun konspirasi menggulingkan Pangeran Sihanouk. 

Dalam skema Amerika untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai fron kedua setelah Asia Tengah-Selatan, maka operasi militer berskala multi-nasional senin lalu, tidak boleh dianggap sepele. Lebih dari sekadar latihan militer, ini adalah bentuk konsolidasi sekaligus pamer kekuatan militer Amerika dengan melibatkan dua sekutu andalannya: Jepang dan Korea Selatan.
Jawaban paling cerdas!
2014-01-30T18:58:14+07:00
Perang dingin mrupakan pertentangan yg terjadi antra blok barat dbawah AS yg berideologi liberal melawan blok timur dbawah naungan Uni Soviet yg menganut paham komunis.perang dingin trjadi stlah perang dunia ke 2,perbedaan ideologi dan cara pandang trhadap masa depan dunia tlah membuat 2 negara pemenang perang dunia 2 yaitu AS dan Uni Soviet bertentangan,dan membuat kedua negara ini saling berlomba utuk memperebutkan hagemoni kekuasaan mereka di Eropa juga dunia.perang dingin jga tlah membawa dampak yg buruk bagi dunia,akibatny dunia terpecah menjadi 2 kekuatan besar yg siap utk betempur antara Blok Barat dan Timur.selain itu,ancaman akan pecahny perang nuklir yg bias terjadi sewaktu-wktu tlah membuat negara" di dunia yg tdk memihak kpd slh satu blok mnjadi cemas.akhirny negara" Asia Afrika yg tdk bergabung dlm satu blok membuat suatu gerakan non blok yg mana mereka menolak untk ikut serta dlm prang dingin yg terjadi