Pada kegiatan Rally,sebuah mobil akan sampai di garis finis dalam waktu 4,5 jam dengan kecepatan rata-rata 63 km/jam. Setelah 2 jam berjalan, ban mobil biru pecah sehingga terpaksa berhenti mengganti ban selama 15 menit. Berapa kecepatan mobil biru dinaikkan agar tetap sampai di finis tepat waktu?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-30T13:48:01+07:00
4,5 jam --> 63 km/jam
2,25 jam --> (63 + x) km/jam

 \frac{4,5}{2,25}  \frac{63+x}{63}
126 = 63+x
x = 63 km/jam
boleh kasih cara jalan yang lengkap ngakk??
2014-01-30T16:28:56+07:00
Waktu normal (t1) = 2.5 jam
waktu tersisa (t2) = 2.25 jam (waktu normal di kurangi waktu mengganti ban)
kecepatan normal (v1) = 63 km/jam
kecepatan untuk mencapai finish dengan waktu tersisa  (v2)= ...??

karena jarak yang ditempuh adalah sama maka dapat dibuat persamaan jarak sbb :
s1 = s2
v1.t1 = v2.t2
63 . 2.5 = v2 . 2.25
v2 =

v2 = 70 km/jam