Kata majemuk adalah gabungan dua kata atau lebih yang memiliki struktur tetap, tidak dapat disisipi kata lain atau pengertian lain dari kata majemuk adalah gabungan dua kata atau lebih yang membentuk arti baru atau suatu kesatuan makna. Contoh : Meja makan, sapu tangan, kapal terbang, kursi malas, kamar tidur, mabuk laut, terjun payung, tanah air, jatuh bangun, mencumbu rayu, simpang siur, gelap gulita, tua renta.
Trimakasih bantuannya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-03T21:00:19+07:00
Kalimat majemuk setara pada kalimatnya mengandung 2 subjek dan 2 predikat dan pada kalimat majemuk setara predikat atau pekerjaan yang dilakukan sama.
Contoh : Meri pergi ke sekolah sedangkan Mira pergi ke pasar.

Maaf kalau salah :D
Trimakasih bantuannya
Iya,, tolong terima kasihnya :D
2014-06-03T21:11:11+07:00
Kalimat majemuk setara merupakan jenis kalimat majemuk koordinasi penggabungannya mempunyai kedudukan yang sama. Kata penghubung yang digunakan: dan, lalu, kemudian, tetapi, atau, bahkan. contoh kalimatnya ''sinta dan pemo sudah bersahabat dari kecil'' *kalo nggak salah*