Jawabanmu

2014-06-03T18:38:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Estrogen mempengaruhi pertumbuhan dari endometrium.
Di bawah pengaruh LH, folikel de graaf menjadi matang sampai terjadi ovulasi. Setelah ovulasi terjadi, dibentuklah korpus rubrum yang akan menjadi korpus luteum, di bawah pengaruh hormon LH dan LTH (luteotrophic hormones, suatu hormon gonadotropik). Korpus luteum menghasilkan progesteron yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kelenjar endometrium. Bila tidak ada pembuahan maka korpus luteum berdegenerasi dan mengakibatkan penurunan kadar estrogen dan progesteron. Penurunan kadar hormon ini menyebabkan degenerasi, perdarahan, dan pelepasan dari endometrium. Proses ini disebut haid atau menstruasi. Apabila terdapat pembuahan dalam masa ovulasi, maka korpus luteum tersebut dipertahankan. 
merangsang hipofisis untuk mengekskresi LH yg menybabkan folikel pecah
itu bener atau salah?
bener kok
@Bella: penebalan dinding memang oleh progesteron, sedangkan yg memperngaruhi pertumbuhannya ialah estrogen
Komentar sudah dihapus
2014-06-03T18:40:31+07:00
Fungsi hormon estrogen untuk menghentikan produksi FSH yang terjadi pada masa praovulasi dan memacu produksi LH. Estrogen mempengaruhi sel folikel untuk segera melepaskan sel telur dari ovarium. Peristiwa inilah yang disebut ovulasi.
1 1 1