Jawabanmu

2014-06-03T18:16:46+07:00
Pandan wangi tergolong tanaman perdu di daerah tropis. Pandan sering di tanam di halaman rumah, juga banyak yang tumbuh liar di tepi sungai, rawa, dan tempat-tempat yang agak lembap lainnnya.
Tanaman pandan tergolong tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga setinggi 1-2meter. Batang tanamannya bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, dan menjalar. Akar tunjang keluar disekitar pangkal batang dan cabang.
Bunga pandan berupa bunga majemuk, berbentuk bongkol berwarna putih. Buahnya berupa buah batu, menggantung. benuk pola berdiameter 4-7cm dan berwarna jingga.
Pandan memiliki daun yang beraroma wangi. Daun pandan sering di gunakan sebagai rempah-rempah, dan bahan baku pembuatan minyak wangi. Juga di gunakan sebagai bahan penyedap, pewagi dan pemberi warna hijau pada masakan.
Daun pandan berwarna hijau dan berupa daun tunggal. Helai daunya berbentuk pita, tipis, dan licin. Panjangnya  sekitar 40-80cm, dan lebarnya sekitar 3-5cm. Pangkal daunnya melingkari batang, tersusun berbaris tiga. Ujungnya runcing, tetapi rata dan bertulang sejajar.
12 3 12