Jawabanmu

2014-06-03T16:33:55+07:00
1.Agama baru yang dikenal pemerintah kolonial kepada masyarakat Nusantara, yaitu Kristen Katolik dan Kristen Protestan.
2.Adat istiadat bercorak barat cukup memberi pengaruh terhadap masyarakat Indonesia. Hal ini antara lain dapat diketahui dari tata cara bergaul, model pakaian, gaya perkawinan, pemberian gelar kebangsawanan, berpikir rasional, disiplin, menghargai waktu, semangat kerja yang tinggi, individualistis dan lebih mementingkan kebendaan (materialistis).
3.Tata hukum di Indonesia yang berlaku sekarang banyak yang merupakan warisan produk hukum Belanda, walaupun dalam beberapa hal terjadi perubahan, pencabutan dan pengurangan yang disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masyarakat. Sumber hukum Belanda tersebut antara lain Algemene Bepalingem van Wetgeving(Peraturan umum perundang-undangan), Statblad van Nederlands-Indie (Lembaran negara Hindia Belanda), dan Burgerlijk Wetboek (Kitab undang-undang Hukum perdata).
4.Pemerintahan kolonial Hindia-Belanda meninggalkan sistem tata pemerintahan yang cukup baik sehingga dalam beberapa hal di contoh Indonesia. Sistem pemerintahan yang diwariskan tersebut bersumber pada ajaran Trias Politika yang membagi kekuasaan negara kepada badan Legeslatif (pembuat undang-undang), Eksekutif (pelaksana undang-undang), dan Yudikatif (Pengawas pelaksanaan undang-undang).