Jawabanmu

2014-06-03T14:42:37+07:00
Persamaan diffusivitas termal, α = k/ρc
Diffusivitas termal mengukur kemampuan dari suatu material untuk menyalurkan energi relatif terhadap kemampuan untuk menyimpan energi. Semakin besar α, maka zat tersebut akan semakin cepat menuju kesetimbangan termal dengan lingkungannya.

Dengan c atau panas jenis yang tinggi maka zat tersebut akan cenderung lebih banyak menyimpan energi. Kenaikkan kecepatan rata-rata partikel juga lebih sedikit, akibatnya zat itu akan memerlukan energi yang lebih besar untuk menaikkan temperaturnya/lebih sulit dinaikkan temperaturnya dibanding zat dengan kalor jenis rendah.

Bisa dikatakan juga, zat itu memiliki derajat kebebasan molekular yang lebih besar. Karena energi yang dia peroleh tidak hanya digunakkan menaikkan derajat kebebasan berupa tingkat energi kinetik rata-rata yang berasosiasi terhadap temperature. Tetapi juga digunakkan untuk meningkatkan tingkat "gerakkan" derajat kebebasan yang lain, yang tidak berpengaruh terhadap kenaikkan temperatur.
1 2 1
2014-06-03T14:42:44+07:00
Lambat naik suhu jika dipanaskan
Kalor jenis (kapasitas kalor jenis) biasa disimbolkan c, diartikan sebagai banyak kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kilogram zat sebesar 1 kelvin, dan dirumuskan:
c = Q / (m . Δt)
Artinya semakin besar nilai kalor jenis suatu zat, maka akan semakin besar kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 K dari 1 kg zat tersebut, dimana jika kalor tersebut tidak terpenuhi maka zat tersebut akan lambat naik suhuny jika dipanaskan.

Semoga Membantu :)

2 5 2