Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-03T14:39:12+07:00
pada hewan hermafrodit di lakukan secara silang, yaitu tukar menukar seperma oleh dua ekor hewan saling membuahi. Seekor hewan hermafrodit tidak dapat melakukan perkawinan sendiri. Hal ini terjadi karena sel kelamin tidak matang secara bersamaan dan tidak memiliki saluran yang memungkinkan sel seperma menuju sel telur
syukron ukhti:)
ya sama-sama di terimakasih ya....
2014-06-03T15:52:20+07:00
Sistem reproduksi  cacing tanah memang bersifat hermaprodit atau setiap cacing tanah memiliki alat kelamin jantan  dan alat kelamin betina sekaligus. Meskipun begitu untuk bereproduksi mereka harus melakukan perkawinan silang dengan cara bertukar spermatozoid melekatkan bagian depanya (anterior) dengan posisi saling berlawanan.dari hasil perkawinan ini kemudian akan dihasilkan kokon atau butir telur ang nantinya akan terlepas dari tubuh cacing pada hari ketujuh hingga hari keepuluh setelah proses perkawinan. Antara 10-14 hari kemudian kokon akan menetas dan menghasikan bibit cacing tanah. Siklus cacing tanah bisa hidup antara 1-5 tahun, namun rata-rata hidup selama 2 tahun. Siklus hidupnya dimulai dari kokon, cacing muda, cacing produktif, dan cacing tua. Cacing akan menjadi dewasa dan siap kawin seelah berumur 2-3 bulan terhitung semenjak menetas dari kokon. Namun masa produktif cacing dewasa terjadi pada umur 4-11 bulan, yakni ketika cacing tanah sudah mempunyai alat perkembangbiakan yang diseb ut denganklitelum. Klitelum yang terlihat seperti cincin ini sebenarnya m erupakan  bagian dari tub uh yang  enebal dan letakya pada segmen 26-32 dari bagian atas tubuh cacing tanah. Warnanya lebih terang daripada warna tubuh lainnya. Klitelum inilah yang akan mengeluarkan protein dan membentuk kokon setelah terjadi proes perkawinan silang.