Jawabanmu

2014-06-03T09:38:39+07:00
Tumbuhan membutuhkan karbon dioksida, tumbuhan menghasilkan oksigen
6 2 6
Jawaban paling cerdas!
2014-06-03T09:41:38+07:00
Semua tumbuhan berklorofil atau memiliki zat hijau bernapas dengan menggunakan stomata, . tumbuhan ini berklorofil sehingga membutuhkan oksigen.
Stomata adalah alat pernapasan tumbuhan berklorofil yang berupa bulu-bulu halus. alat ini terdapat di permukaan daun.
Udara masuk melalui stomata lalu menuju ke bagian inti sel hingga akhirnya menyebar ke seluruh tubuh tumbuhan. Nah, selain lewat stomata, tumbuhan bernapas dengan pori-pori yang terdapat di batang. Udara masuk melalui pori-pori tersebut.
Masih ada satu bagian lagi pada tumbuhan yang menjadi keluar masuknya udara, yaitu akar. Walaupun letaknya di dalam tanah, bukan berarti udara tidak dapat menembus akar. Justru, akar menjadi salah satu bagian penting dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang dibutuhkan tumbuhan.
Tumbuhan akan membutuhkan o2(oksigen) dan mengeluarkan co2. Begitu jg dengan kita(manusia) dan MH lainnya membutuhkan o2 dan mengeluarkan co2.
Kedua istilah di atas sering dipertukar pakaikan oleh sebagian masyarakat.
Aku pernah mendengar pendapat yg menyatakan bahwa" janganlah tidur di malam hari satu kamar dengan tanaman". Yah inilah salah satu bukti bahwa tumbuhan jg bernafas. Coba saja taruh tanaman di dalam kamar pada malam hari tentunya kita akan merasa sesak. Apalagi tumbuhan bernafas maksimal pada malam hari, bukan berarti siang tidak juga pada siang hari tumbuhan juga bernafas. Tetapi sedikit itu dikarenakan pernafasannya itu tertutupi oleh proses fotosintesis yg terjadi maximal di siang hari.

Apakah bukti kalau tumbuhan bernafas? Tumbuhan juga layaknya makhluk hidup lain, bernafas dan hidup, tanda tanda tumbuhan bernafas adalah dapat dilihat dari beberapa citi khusus yang terjadi pada tumbuhan tersebut.

Meskipun cara tumbuhan bernafas tidak sama dengan manusia, namun dapat dipastikan kalau tanaman yang ada disekitar kita juga melakukan proses pernafasan. Tumbuhan dapat bernafas dengan stoma, yaitu celah-celah kecil yang terdapat pada daun.
8 4 8