Jawabanmu

2014-01-31T13:51:49+07:00
 kekalahan jepang dalam perang sekutu membuat perdana mentri hdeki tojo mundur digantikan olh jend.kunaki koiso, dapun berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada indonesia.agar rakyat indonesia mau membantu jepang dalam perang asia pasifik. Kemudian, d bentuklah organisasi yaitu BPUPKI untuk menyelidiki hal yang berkatan dengan bangsa indonesia.
akan tetapi keadaan semakin kritis setelah amerka serikat menjatuhkan bom di hiroshima pdda tgl 6 agustus 1945.maka jend.terauchipun menyetujui pembentukan PPKI, tugas dari ppki adalah melanjutkan tugas dari BPUPKI.
Namun Jepang menyerah tanpa syrat kepada sekutu.Kekalahan jepang ini pun di dengar oleh beberapa golongan muda,hal ini membuat para golongan muda mendesk ir.soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan ndonesa. namun ir.soekarno dan m.hatta tdak menyetujui hal itu. Karena para golongan tua tdak mau memproklamasikan kemerdekaan maka kedua tokoh itu dasingkan ke rengasdengklok agar mereka tidak terpengaruh oleh jepang, akhirnya merekapun menyetujuinya. pada tgl 17 agustus 1945 merekapun kembali ke jakarta dan merumuskan proklamasi yg dikemukakan oleh ahcmad soebarjo,soekarno dan M.hatta. diketik oleh sayuti melik dan ditandatangani oleh soekarno/hatta atas nama bangsa indonesia. Kemudian naskah proklamasi tu pun dibajakan di rumah ir.soekarno tepatnya jalan pegangsaan timur no.56 jakarta tepat pada puku 10.00 WIB.