Jawabanmu

2016-12-14T08:59:20+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Berbagai metode pemisahan, penjelasan dan contohnya:

1)      Penyaringan atau filrasi: proses pemisahan atau penbersihan zat dari suatu fluida (dapat berupa gas ataupun cair) bengan melewatkan campuran melalui medium berpori. Macam proses penyaringan adalah penyaring grafitasi, penyaring tekan, penyaring vakum. Penyaring gravitasi hanya digunakan untuk penjernihan air minum, pengolahan limbah. Kebanyakan industry industry lebih memanfaatkan model penyaring vakum dan tekan. Contohnya:menghilangkan pengotor/ pirogen dari cairan injeksi, menghilangkan pengotor gula dari sirup, dan sebagainya.

2)      Sublimasi: metode pemisahan dengan menguapkan zat padat menjadi gas tanpa melalui cairan, dan zat pengotor yang tidak menyublim akan tertinggal. Contoh: pemisahan iod (I2) dari pasir. Pasir adalah zat yang sulit menguap, sehingga penyubliman iod dapat menyebabkan iod akan terpisah dari pasir. dalam kehidupan sehari hari adalah proses menyublimya kamper/ kapur barus.

3)      Destilasi atau penyulingan: merupakan metode pemisahan berdasarkan perbedaan titik didihnya. campuran yang dapat dipisahkan dengan metode ini adalah: yang berbentuk cairan, tahan terhadap pemanasan, zat – zat yang terdapat dalam campuran tidak memiliki titik didih yang saling berdekatan. Contoh: proses industry air bersih dengan menyuling air laut, industry minyak bumi dimana minyak mentah dipisah – pisahkan terlebih dahulu sebelum diolah.

4)      Kromatografi: pemisahan berdasarkan kecepatan perambatan pelarit pada medium tertentu. jenis pemisahan yang didasarkan pada daya serap (adsorbs) dan daya uap ( volatilitas). Contoh: dalam industry makanan digunakan untuk mengetahui suatu pewarna makannan aman dikonsumsi atau tidak, mengetahui kadar pestisida halam buah dan sayur. dalam kehidupan sehari hari digunakan untuk pemisahan zat warna pada tinta.

5)      Sentrifugasi: campuran yang tidak dapat dipisahkan oleh penyaringan, dimasukkan dalam tabung reaksi dan diputar dengan cepat sehingga mengendap. Contoh: digunakan pada industry eskrim untuk memisahkan susu dari susu skim, susu krim. untuk memisahkan darah dan plasma darah

1 5 1