Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-02T19:00:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1 . Pilin : ragam hias yang memiliki bentuk dasar huruf S sebagai bentuk dasar ragam hias parang. Variasi motif ini berbentuk SS atau pilin berganda.
2. Swastika : varian dari pola meander dan pilin. Swastika sudah dikenal sejak zaman perunggu dan peninggalannya banyak ditemukan pada barang kerajinan perunggu
3. Kawung : Ragam hias dengan bentuk menyerupai buah aren yang dipotong melintang sehingga terlihat empat biji aren. Memiliki makna keserasian hidup di dunia dan akhirat.
4. Tumpal : memiliki bentuk dasar segitiga sama kaki. Tumpal ditemukan pada hiasan candi-candi di Indonesia. Tumpal biasa disebut untu walang yang melambangkan kesuburan.
5. Pohon hayat flora : berarti pohon kehidupan yang bermakna kesuburan dan kehidupan. Berbebntuk sulur-sulur atau pohon yang merambat.
6. Lar : penyederhanaan dari ragam hias garuda. Dimaknai sebagai simbol kekuasaan oleh orang Jawa.
7. Meander : bentuk dasarnya yaitu huruf T. Banyak digunakan dalam hiasan pinggir untuk melengkapi ragam hias pokok.
8. Tempel : ragam hias yang berbentuk ceplok berulang-ulang. Banyak dijumpai pada pakaian, arca, dan batik tradisional terutama batik keraton Jawa.
9 4 9