Jawabanmu

2014-06-02T17:06:49+07:00
Bermula dari ketika cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan yang kemudian dibelokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan tersebut, yang memisahkan cahaya putih itu menjadi sebuah warna spektrum. Kemudian, warna-warna yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujan dan memisah lebih banyak lagi saat meninggalkannya. Akibatnya, cahaya tampak melengkung menjadi kurva warna yang disebut sebagai pelangi. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar.
1 5 1
2014-06-02T17:08:16+07:00
Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik. warna putih cahaya matahari sebenarny adalah gabungan dri berbagai cahaya dgn panjang yg berbeda.
panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis" paralel. pita ini disebut spektrum warna. pelangi tdk lain adlh busur spektrum warna besar berbentuk lingkaran yg terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir" air. ketika cahaya melewati butir" air,, ia membias seperti ketika menembus prisma kaca dn keluar menjadi spektrum warna pelangi.. jdi di dlm tetesan air, kita sdh mendapatkan warna yg berbeda" berderet dri satu sisi ke sisi tetesan air lainny beberapa dri cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dri sisi jauh pda tetesan air, kembali dn keluar lagih dri tetesan air.. cahaya kluar lagi dri tetesan air k arah yg berbeda,, tergantung pda warnany....
1 5 1