Jawabanmu

2014-06-02T16:00:52+07:00
Berawal dari kesadaran dalam tahun 1908 yang ditandai dengan organisasi Budi Utomo sebagai kebangkitan nasional,,, yang tujuannya mempersatukan perlawanan rakyat melawan pemerintah penjajahan Belanda. 
Jawaban paling cerdas!
2014-06-02T16:03:43+07:00
Semangat bhineka tunggal ika pada tahun 1908 yaitu dibentuknya oraganisasi budi utomo yg dibuat untukuntuk de harmonische ontwikkeling van land en volk van Javaen Madura atau kemajuan yang harmonis untuk nusa dan bangsa Jawa dan Madura. Terlihat bahwa ”bangsa” yang dimaksud masih dalam lingkup Jawa dan Madura belum meliputi seluruh Indonesia. Ini memang bisa dimengerti karena setiap bentuk gerakan selalu tergantung dari cakrawala berpikir dari para tokoh penggeraknya. Oleh karena itu, ada yang mengatakan bahwa Budi Utomo adalah renaisans 
jadikan yg terbaik ya
yg dilakukan pada tahun itu apa
jadi intinya dia melakukanitu untuk mempersatukan rakyat di indonesia
oke makasih