Jawabanmu

2014-06-02T15:56:13+07:00
Dengan Proklamasi Kemerdekaan bangsa yang bersangkutan dapat meningkatkan taraf kecerdasan bangsanya serta dapat mengejar segala ketertinggalan yang dialami oleh bangsanya dengan mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Oleh karenanya Proklamasi Kemerdekaan bagi suatu bangsa merupakan sesuatu yang tak ternilai harganya, sehingga untuk meraihnya, suatu bangsa harus berjuang mati-matian penuh pengorbanan. 
Pada umumnya kemerdekaan bagi suatu bangsa dimaksudkan untuk: 
a. melepaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa lain; 
b. dapat hidup sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dunia internasional; 
c. mencapai tujuan nasional bangsa. 
Untuk memenuhi maksud dikumandangkannya 
kemerdekaan, maka setelah Proklamasi Kemerdekaan bangsa yang bersangkutan haruslah mempertahankannya dengan segala upaya dan dengan perjuangan yang gigih untuk mengisi kemerdekaan yang telah diproklamasikannya itu, dengan tujuan untuk mencapai tujuan nasional bangsa sebagai cita-cita bangsa yang bersangkutan yang telah lama diperjuangkan.

:)

2014-06-02T15:57:00+07:00
Kemerdekaan ialah hak segala bangsa, maka kemerdekaan harus diperjuangkan dan dimiliki oleh setiap bangsa. Setiap bangsa yang telah merdeka, berarti bangsa tersebut telah bebas dan terlepas dari tekanan bangsa lain, artinya bangsa yang telah merdeka berarti bangsa tersebut telah memiliki kedaulatan, baik kedaulatan ke dalam maupun kedaulatan keluar.

maaf kalo salah^^