1. Sebuah prisma alasnya brbntuk sgtiga siku-siku dngan sisi miring 15cm dan salah satu sisi siku-sikunya 9cm, jika luas prmukaanya prisma 324cm²
a. tentukan tinggi prisma
2. Sebuah limas T.ABCD alasnya berbentuk trapesium dengan AB//CD panjang AB 10cm , CD =18 cm dan tinggi trapesium 3cm. jika tinggi limas 14cm.
Hitunglah
a.Luas alas limas
b.volume limas
mohon bantuanya ya teman

2

Jawabanmu

2014-06-02T14:02:55+07:00
1. sesuai teorema tripel phytagoras, 9 : x : 15 sebanding dg 3 : 4 : 5, maka panjang alas (x) adalah 12 cm.
luas permukaan prisma = 2 × luas alas + 3 × luas sisi tegak
324 = 2( \frac{1}{2}. 12 . 9) + (9.t) + (12.t) + (15.t)
  \\ 324 = 108 + 36t \\ 216 = 36t \\ 6 = t
2. a) luas alas = luas trapesium biasa
                      = \frac{1}{2} × jumlah sisi tegak × tinggi trapesium
                       \frac{1}{2}.28.3 = 42
   b) volume limas =  \frac{1}{2}  × luas alas × tinggi prisma
                           =  \frac{1}{2}.42.14 = 294
1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-06-02T14:10:53+07:00
1.= yg jelas luas alasnya itu adalah 54 cm²

2. a. Luas Alas =  \frac{(AB+CD)X t}{2}
                       =  \frac{(10+18)x 3}{2}
                       = 42 cm²
    
    b. Volume    =  \frac{1}{3} x L.a x t
                       =  \frac{1}{3} x 42 x 14
                       = 196 cm³
INI YG BETUL. kata guru saya sih rumusnya itu
jadiin yg terbaik dong!
oke