Tolong jawab pertanyaan ini ya... (jangan lupa pake cara'a) maaf kalau soalnya banyak...
1. Pak hamdan menjual sepedamotor dengan harga Rp 9.600.000 dan dia membutuhkan biaya perbaikannya sebesar Rp800.000, jika harga beli sepeda motor itu adalah sebesar Rp9.000.000, maka dia memperoleh...
2. seorang pedagang buah, membeli 200 kg. Mangga dengan harga Rp1.200.000, kemudian 150 kg dijual dengan harga Rp7.500/kg, 40 kg dijual dengan harga Rp6.000/kg dan sisanya busuk. dia mendapatkan...

2

Jawabanmu

2014-06-01T22:15:08+07:00
1. 9.600.000-9.000.000-800.000= -200.000 (kerugian Rp. 200.000)
2.150×7.500+40×6000-1.200.000= 165.000 (keuntungan)
Jawaban paling cerdas!
2014-06-01T22:16:16+07:00
1. Dik : H.beli = 9.000.000
           H jual = 9.600.000
           perbaikan = 800.000
   berarti . H.jual - h.perbaikan = 9.600.000-800.000 = 8.800.000
             krna harga beli lbih besar dari harga jual berarti dia memperoleh rugi sebesar Rp.200.000
2. h.beli = 1.200.000
h.150 mangga = 1.125.000
h.40 mngga = 240.000
total jual = 1.365.000
krna harga jual lbih besar dari hrga beli jadi dia mendapat untung 165.000
jika semua tidak ad yg busuk dia memperoleh untung 225.000, (6000x10kg=60000)
yg jawaban nomer 2 dibuat ke %
% untung = untung/h.pembelianx100%= 165.000/1.200.000x100%= 13,75% .. maaf telat jwabnya
ya gpp... :)
terimakasih.... ^^
sama-sama :)